Website Resmi Desa Baturagung Kec. Gubug Kab. Grobogan

TUGAS POKOK DAN FUNGSI PERANGKAT DESA

TUGAS POKOK DAN FUNGSI PERANGKAT DESA

  • KEPALA DUSUN

Kepala Dusun merupakan unsur pembantu kepala desa sebagai satuan tugas kewilayahan.

Fungsi :

  • Pembinaan ketrentaman dan Ketertiban, pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan dan penataan dan pengelolaan wilayah.
  • Mengawasi pelaksanaan pembangunan wilayahnya.
  • Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya.
  • Melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelengaraan pemerintahan dan pembangunan.

Tugas jabatan :

  • Membantu pelaksanaan tugas Kepala Desa dalam bidang pemerintahan, pembangunan kemasyarakatan, kebudayaan, ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat;
  • Melaksanakan Peraturan Desa, Peraturan Kepala Desa dan Keputusan Kepala Desa;
  • Membantu Kepala Desa dalam kegiatan pembinaan dan kerukunan warga dan mendamaikan bila terjadi sengketa antar warga di wilayah dusunnya, bila tidak selesai di tingkat dusun baru di bawa ketingkat desa;
  • Menggerakkan swadaya masyarakat, dan memberikan laporan secara tertulis swadaya masyarakat di wilayahnya triwulan kepada Kepala Desa;
  • Membantu Kepala Desa sebagai anggota Tim Percepatan Pelunasan PBB-P2, untuk menyampaikan SPPT kepada wajib pajak, memungut, menagih dan menerima setoran PBB -P2 dari wajib pajak, merekap SPPT dan setoran yang diterima dari wajib pajak dan menyetorkan hasil PBB-P2 kepada Bendahara Desa untuk disetorkan ke Bank terkait;
  • Membantu warga untuk melayani dan mengurus kebutuhan administrasi surat menyurat serta menyampaikan surat- surat dari desa kepada warganya;
  • Melaksanakan perjalanan dinas sebagai penghubung ke kantor Kecamatan  , kantor Polisi Sektor   dan kantor Komando Rayon Militer   sesuai jadwal yang telah ditentukan serta melaksanakan perjalanan dinas yang diberikan atasan;
  • Membantu Kepala Desa dalam melakukan penyuluhan program Pemerintah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Daerah; dan
  • Melaksanakan dan melaporkan tugas lain yang diberikan atasan.
  • KASI PEMERINTAHAN

Kasi Pemerintahan merupakan unsur pelaksana teknis yang membantu tugas Kepala Desa di bidang pemerintahan, keamanan, ketertiban dan perlindungan masyarakat.

Fungsi : melaksanakan manajemen tata praja pemerintahan, menyusun rancangan peraturan desa, peraturan dan keputusan Kepala Desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban, pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, kependudukan, penataan dan pengelolaan wilayah, serta pendataan dan pengelolaan profil desa.

Tugas Jabatan :

  • Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi administrasi Peraturan Desa, Peraturan Kepala Desa dan Keputusan Kepala Desa;
  • Melaksanakan pembinaan administrasi pertanahan;
  • Melaksanakan pembinaan administrasi Tanah di Desa;
  • Melaksanakan pengelolaan administrasi kependudukan;
  • Melaksanakan pembinaan sosial politik;
  • Memfasilitasi kerjasama Pemerintah Desa;
  • Melaksanakan pengelolaan administrasi profil desa;
  • Melaksanakan perjalanan dinas sebagai penghubung ke kantor Kecamatan  , kantor Polisi Sektor   dan kantor Komando Rayon Militer   sesuai jadwal yang telah ditentukan serta melaksanakan perjalanan dinas yang diberikan atasan;
  • Melaksanakan pembinaan Anggota Linmas;dan
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Kepala Desa.
  • KEPALA URUSAN TATA USAHA DAN UMUM

Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum merupakan unsur staf Sekretariat Desa yang bertugas membantu Sekretaris Desa dalam urusan ketatausahaan, rumah tangga, dan perlengkapan.

Fungsi :  melaksanakan fungsi ketatausahaan seperti tata naskah, surat menyurat, arsip, ekspedisi, penataan administrasi aparat pemerintah desa, penyediaan sarana prasarana kantor, penyiapan rapat, inventarisasi dan pengadministrasian aset dan kekayaan desa, perjalanan dinas dan pelayanan umum.

Tugas jabatan :

  • Melakukan administrasi urusan surat menyurat;
  • Melaksanakan pengelolaan barang inventaris dan kekayaan Desa;
  • Melaksanakan administrasi Aparat pemerintah desa;
  • Melaksanakan administrasi Tanah Kas Desa;
  • Pengelolaan arsip Pemerintah Desa;
  • Melaksanakan pengelolaan perpustakaan Desa;
  • Mempersiapkan sarana rapat/pertemuan, upacara resmi dan lain-lain kegiatan Pemerintah Desa;
  • Mengumpulkan bahan dan menyusun laporan Pemerintah Desa;
  • Melaksanakan pengelolaan administrasi monografi desa;
  • Melaksanakan pembinaan administrasi BPD;
  • Melaksanakan perjalanan dinas sebagai penghubung ke kantor Kecamatan  , kantor Polisi Sektor   dan kantor Komando Rayon Militer   sesuai jadwal yang telah ditentukan serta melaksanakan perjalanan dinas yang diberikan atasan.
  • Melakukan tugas-tugas kedinasan di luar urusan umum yang diberikan oleh Kepala Desa atau Sekretaris  Desa; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan situasi dan kondisi desa.
  • KEPALA URUSAN KEUANGAN

Kepala Urusan Keuangan merupakan unsur staf Sekretariat Desa yang membantu tugas Sekretaris Desa dalam urusan administrasi keuangan.

Fungsi : melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan dan administrasi penghasilan aparat pemerintah desa, BPD dan lembaga pemerintahan desa lainnya.

Tugas Jabatan :

  • Menyiapkan bahan penyusunan anggaran, perubahan dan perhitungan APB Desa;
  • Menerima, menyimpan, mengeluarkan atas persetujuan dan seizin Kepala Desa, membukukan dan mempertanggungjawabkan keuangan Desa;
  • Mengendalikan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa;
  • Mengelola dan membina administrasi keuangan desa;
  • Menggali sumber pendapatan desa;
  • Menyusun Laporan keuangan Triwulan, semesteran dan laporan tahunan;
  • Bersama dengan kepala dusun, menerima , merakap dan membagi SPPT, menampung setoran PBB-P2 dari Kepala Dusun dan menyetorkan ke bank terkait;
  • melaksanakan perjalanan dinas sebagai penghubung ke kantor Kecamatan  , kantor Polisi Sektor   dan kantor Komando Rayon Militer   sesuai jadwal yang telah ditentukan serta Melaksanakan perjalanan dinas yang diberikan atasan.
  • Melakukan tugas-tugas kedinasan di luar urusan keuangan yang diberikan oleh Kepala Desa atau Sekretaris Desa; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan
  • KEPALA URUSAN PERENCANAAN

Kepala Urusan Perencanaan merupakan unsur Sekretariat Desa yang membantu tugas Sekretaris Desa di bidang perencanaan, pengendalian dan pelaporan program pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat Desa,

Fungsi : mengoordinasikan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program serta penyusunan laporan.

Tugas jabatan :

  • Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan dan  perencanaan kerja pemerintahan desa;
  • Melaksanakan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan perencanaan kerja pemerintahan desa secara rutin dan/atau berkala;
  • Menyusun pelaporan penyelenggaraan pemerintahan desa akhir tahun anggaran dan akhir masa jabatan;
  • Melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa;
  • Menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa;
  • Menyusun Rencana Kerja Pemerintahan Desa;
  • Melaksanakan perjalanan dinas sebagai penghubung ke kantor Kecamatan  , kantor Polisi Sektor   dan kantor Komando Rayon Militer   sesuai jadwal yang telah ditentukan serta melaksanakan perjalanan dinas yang diberikan atasan;
  • Melakukan tugas-tugas kedinasan di luar urusan perencanaan yang diberikan oleh Kepala Desa atau Sekretaris Desa; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan
  • KEPALA SEKSI KESEJAHTERAAN

Kepala Seksi Kesejahteraan merupakan unsur pelaksana teknis yang membantu tugas Kepala Desa di bidang kesejahteraan.

Fungsi : Melaksanakan pembangunan sarana prasarana pedesaan, pembagunan bidang pendidikan, kesehatan, dan tugas sosialisasi serta motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olah raga dan karang taruna.

Tugas Jabatan :

  • Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan bidang pembangunan;
  • Mengelola sarana dan prasarana perekonomian masyarakat desa dan sumber-sumber pendapatan desa;
  • Mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat sesuai bidang tugasnya;
  • Mengembangkan sarana prasarana pemukiman warga;
  • Membantu pelaksanaan bimbingan kegiatan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Karang Taruna, Pramuka, Kelompok Tani, Gabungan Kelompok Tani, Kelompok Dharma Tirta dan organisasi kemasyarakatan lainnya;
  • Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelestarian lingkungan hidup;
  • Melaksanakan perjalanan dinas sebagai penghubung ke kantor Kecamatan  , kantor Polisi Sektor   dan kantor Komando Rayon Militer   sesuai jadwal yang telah ditentukan serta melaksanakan perjalanan dinas yang diberikan atasan;
  • Membantu pelaksanaan bimbingan dan  pembinaan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ); dan
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.
  • KEPALA SEKSI PELAYANAN

Kepala Seksi Pelayanan merupakan unsur pelaksana teknis yang membantu tugas Kepala Desa di bidang agama, pembinaan kemasyarakatan dan kesejahteraan rakyat.

Fungsi : melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, meningkatkan upaya partisipasi masyarakat, pelestarian nilai sosial budaya masyarakat, keagamaan dan ketenagakerjaan.

Tugas jabatan :

  • Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan kegiatan pembinaan mental spiritual, keagamaan, nikah, talak, cerai dan rujuk, sosial, pendidikan, kebudayaan, olah raga, kepemudaan, kesehatan masyarakat, kesejahteraan keluarga, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan bidang ketenagakerjaan;
  • Mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat sesuai bidang tugasnya;
  • Membina kegiatan keagamaan yang ada di desa;
  • Melaksanakan pembinaan administrasi lembaga kemasyarakatam desa;
  • Membantu pengumpulan dan penyaluran bantuan terhadap korban bencana;
  • Melaksanakan perjalanan dinas sebagai penghubung ke kantor Kecamatan, kantor Polisi Sektor dan kantor Komando Rayon Militer    sesuai jadwal yang telah ditentukan serta melaksanakan perjalanan dinas yang diberikan atasan;
  • Mengoordinasikan kegiatan pelayanan satu pintu; dan
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.