Website Resmi Desa Baturagung Kec. Gubug Kab. Grobogan

PROFIL DESA BATURAGUNG

Grobogan dikenal dengan sebutan Grobogan Bersemi, yaitu Bersih, Sehat, Mantap dan Indah.

Memiliki masyarakat yang ramah, tamah dan sejahtera. Grobogan terdiri dari 280 desa. Salah satunya adalah Desa Baturagung yang terletak di Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah.

Desa Baturagung Terdiri Dari 4 Dusun yaitu, Dusun Batur, Dusun Tutup, Dusun Lanjaran dan Dusun Mintreng.

Pada tahun 2019 tercatat ada 6.351 jiwa yang tinggal di Desa Baturagung dengan jumlah Laki-laki sebanyak 3.193 orang dan Perempuan sebanyak 3.158 orang.

Penduduk Desa Baturagung mayoritas bekerja sebagai Petani. Desa Baturagung memiliki area persawahan seluas 630 hektar. Selain menanam padi masyarakat Desa Baturagung juga menanam Jagung, kacang-kacangan, terong, singkong, umbi-umbian, cabai dan juga bawang merah.

Selain bertani masyarakat Desa Baturagung juga banyak yang berternak ayam, kambing, bebek, Burung Puyuh dan juga cacing. Ada pula yang berkerja sebagai Tukang bangunan dan juga banyak yang berkerja di Luar Negeri Seperti Korea, Taiwan, Singapura, Arab saudi dan Hongkong.

Masyarakat desa Baturagung juga sangat kreatif dalam menciptakan produk-produk bernilai ekonomi diantaranya usaha pembuatan tempe, emping jagung, krupuk Sarmier, dan lain-lain.

Untuk menjaga keharmonisan, kekompakan dan kekeluargaan. Masyarakat Desa Baturagung sering melakukan gotong royong dan musyawarah setiap ada pertemuan warga di Desa. Salah satu contoh rasa kekeluargaan yang ada di Desa Baturagung adalah budaya tegur sapa, saling membantu dan juga saling menjenguk ketika tetangganya sakit.

Desa Baturagung di Dominasi penganut agama islam terlihat dari banyaknya tempat ibadah yang ada di desa ini. Hampir di setiap RT terdapat musholla dan 1 Masjid di setiap dusunnya. Terdapat juga TPQ yang mengajarkan cara baca Al Qur’an dan belajar ilmu agama yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Sarana Pendidikan di Desa Baturagung cukup memadai, memiliki 2 Paud, 3 TK Pertiwi, 3 SD Negeri, 3 Madin dan 1 SMP Negeri.

Untuk bidang pariwisata Pemerintah Desa Baturagung masih Menggali Potensi yang terdapat di Desa Baturagung diantaranya : Hutan Jati Buatan Dusun Lanjaran, Embung Balong di Dusun Mintreng dan Gondola yang melintasi sungai Tuntang menuju Pasar Kebonagung Kabupaten Demak. Sektor pariwisata ini diharapkan nantinya mampu mendongkrak ekonomi masyarakat desa Baturagung.

Untuk menghormati leluhur Desa Baturagung setiap bulan syuro warga selalu datang bersama ke makam leluhur desa mereka. Kegiatan ini disebut nyadran.

Banyak sekali kegiatan yang dilakukan baik pemerintah desa, karang taruna dan juga masyarakat, untuk memperkuat kerukunan dan kekeluargaan di Desa Baturagung. Diantaranya adalah Jalan sehat dan berbagai lomba saat Bulan Agustus, Senam sehat setiap hari minggu, Apitan setiap tahunnya dan membuat Taman Desa yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Baturagung. Karang Taruna Desa Baturagung tergolong aktif dalam berbagai kegiatan. Karang Taruna Desa Baturagung juga memiliki program sendiri yaitu mempercantik Desa. Diantaranya mengecat Gapura, Pos Ronda, Bak Sampah dan Membuat Jaringan Lampu Jalan.

Sedangkan masyarakat Desa Baturagung sering melakukan Gotong royong diantaranya saat mengecor Masjid, Membersihkan Lingkungan ketika memasukki Idul Fitri, Memasang atribut kemerdekaan saat bulan Agustus dan Merawat Tanggul Kali Tuntang.