Hampir setiap minggu di Desa Baturagung akan terlihat pemandangan yang tidak biasa dilihat di hari-hari biasa, yakni masyarakat bersama-sama bergotong royong kerja bhakti mempercantik wilayah masing-masing. Kegiatan warga ini sangat beragam mulai dari menghias taman, membersihkan selokan hingga membuat kerajinan dari bahan bekas dan sampah. Kegiatan warga ini tentunya tidak tanpa tujuan. Masyarakat secara kompak bersama pemerintah desa. Secara kompak bersama mempercantik desa tercinta yakni Desa Baturagung.

Desa Baturagung sendiri tahun ini terpilih sebagai Desa Percontohan Penggerak Program STBM se Kecamatan Gubug dan untuk wilayah Kabupaten Grobogan. Dengan terpilihnya Desa Baturagung ini masyarakat dengan semangat tinggi secara bersama-sama menerapkan 5 Pilar STBM yakni 1. Stop Buang Air Sembarangan, 2. Cuci Tangan Pakai Sabun, 3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan, 4. Pengelolaan Sampah serta, 5. Pengelolaan Limbah cair.

Disamping itu pula untuk menunjang program tersebut masyarakat juga mempercantik wilayahnya masing-masing dengan membuat taman bunga, taman obat-obatan dan taman sayur-sayuran. Tak hanya itu masyarakat Desa Baturagung juga mengolah barang-barang yang tak digunakan seperti botol-botol bekas air minum. Untuk dijadikan ornament yang indah dilihat dan dijadikan sebagai spot selvi. Ada juga yang memanfaatkan ban bekas untuk dijadikan tong tempat sampah, hiasan gapura gang dan lain-lain.

Harapan masyarakat kedepannya tentunya untuk Desa Baturagung menjadi desa yang bersih, sehat, nyaman dan indah dengan menerapkan 5 pilar STBM yang menjadi acuan utama untuk mewujudkan tujuan tersebut. (MAH)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *