Website Resmi Desa Baturagung Kec. Gubug Kab. Grobogan

Percepat Pembangunan Desa TNI Sosialisasikan Program KBM di Desa Baturagung

Baturagung (02/02) Pembangunan Desa menjadi tanggung jawab bersama pemerintah, warga masyarakat termasuk juga jajaran TNI. Di butuhkan kerja sama yang baik dan berkesinambungan agar pembangunan dapat terus ditingkatkan. Hal ini yang mendasari dilaksanakannya Sosialisasi kegiatan Karya Bakti Mandiri (KBM) Desa Baturagung. Bertempat di Balai Desa Baturagung Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan, Acara ini dihadiri Dandim 0717, Danramil 15, Kapolsek Gubug, Camat Gubug, Kepala Puskesmas Gubug I, Pemerintah Desa Baturagung, BPD, LPMD, Bidan Desa, RT/RW, Tokoh agama serta Tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Kepala Desa Baturagung Bapak Mubasir menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dukungan dan kepedulian TNI berserta Dinas yang lain. Yang telah memilih Desa Baturagung sebagai lokasi Karya Bhakti Mandiri tahun 2021 tentunya hal ini nantinya akan membentuk sinergitas dan kerjasama yang baik antara TNI dengan pemerintah Desa Baturagung, dimana anggota TNI bersama masyarakat gotong royong mengerjakan infrastruktur dasar yang diperlukan masyarakat desa yang membutuhkan sentuhan pembangunan.

Kepala Desa Baturagung juga menegaskan Pemerintah Desa Baturagung siap mendukung kegiatan Karya Bhakti Mandiri karena kegiatan tersebut sangat positif untuk membangun semangat gotong royong masyarakat dalam mengisi pembangunan bersama TNI. Pemdes Bersama BPD Baturagung nantinya juga akan mengajak segenap lapisan masyarakat khususnya warga Desa Baturagung agar mendukung kegiatan tersebut. “Melalui Karya Bakti Mandiri Mari kita tingkatkan semangat gotong royong dan memperkokoh kemanunggalan TNI dengan masyarakat”.

Kegiatan Karya Bakti Mandiri Baturagung nantinya ini meliputi 2 macam kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik meliputi pembangunan desa diantaranya, Jamban Keluarga, Rehap Rumah, Rehab tempat ibadah serta Betonisasi jalan. Titik lokasi KBM ini nantinya berada di gang makam Mbah Khomsah yakni cor blok sepanjang kurang lebih 400 m. Dan juga ada rehab ringan tempat ibadah, Pembuatan WC bagi warga tidak mampu dan pembuatan poskampling di wilayah desa baturagung.

Sedangkan kegiatan non fisik meliputi Penyuluhan tentang wawasan kebangsaan dan kegiatan khusus yaitu Pelayanan KB oleh Dinas Kesehatan, Pelayanan administrasi Kependudukan seperti pelayanan pembuatan Akta, KK, KIA dan KTP dari Dinas Catatan Sipil Kabupaten Grobogan. Dengan program KBM ini masyarakat juga diminta peran aktifnya dalam pengurusan administrai kependudukan karena sekarang sudah dipermudah dengan layanan online yakni e-simpel, jadi masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan tidak harus datang ke Dinas capil melainkan melalui smartphonenya dari mana saja, kapan saja dan dimana saja. Dalam sosialisasi KBM ini juga agar diketahui masyarakat bahwa dokumen KK tak lagi menggunakan blanko biru melainkan menggunakan HVS A4 80 Gram.

 

Sumber dana dari kegiatan KBM ini nantinya berasal dari APBD Kabupaten Grobogan dan juga Swadaya masyarakat.

(MAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *