Website Resmi Desa Baturagung Kec. Gubug Kab. Grobogan

Karta Baturagung Studi Banding ke Kampung Jawi Desa Sukorejo Semarang

Baturagung, 18 September 2020

Bersama 76 Heppiii Karang Taruna Tunas Persada Desa Baturagung, LPMD dan BUMDES Baturagung mengadakan studi banding ke Kampung Thematik “Kampung Jawi” Semarang. Berlokasi di Jl. Kalialang Lama, RT.02/RW.01, Sukorejo, Kec. Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kesan luar biasa akan langsung terbenak jika memasukki kampung ini, dari sini kita bisa belajar bagaimana dulunya mereka membangun Kampung Jawi ini dari nol hingga menjadi destinasi wisata sebesar sekarang ini.

Kampung Jawi kini menampilkan inovasi berupa Angkringan Pinggir Kali Kampung Jawi. Sensasi menikmati angkringan yang lain dari biasa. Aneka menu angkringan seperti nasi kucing, sate kere, sate telur puyuh, gorengan bakar, wedang rempah, dll tersaji di sini dengan harga yang terjangkau. Penerangan obor dan lampu petromax ditemani alunan suara gemercik air sungai menambah syahdu suasana malam. Kampung Jawi ini buka setiap hari mulai pukul 18.00 – 23.00 WIB.

Untuk acara pagelaran seperti Pasar Pariwisata berkonsep tradisional, semua pedagang akan memakai pakaian kebaya, lapak dihias, dan ada hiburan kesenian, alat transaksinya pun tidak lagi uang di jaman sekarang melainkan diganti dengan uang kepeng. Acara ini dilaksanakan tiap hari Minggu Legi  untuk pagi hari dan setiap Jumat Pon unutk malam hari. Di Kampung Jawi ini bisa juga dibuat untuk acara keluarga, rapat, halal bihalal, arisan, pertemuan, dll.

 

Pengalaman study banding yang sangat berharga ini tentunya akan menjadi motivasi untuk memajukan desa Baturagung ini, terutama bidang pariwisata karena dibidang ini lah banyak desa-desa tertinggal bisa jadi desa terkenal. (MAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *