Website Resmi Desa Baturagung Kec. Gubug Kab. Grobogan

Idul Adha Tahun ini di Desa Baturagung

Iduladha adalah sebuah hari raya dalam agama Islam. Hari ini memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Isma’il sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah SWT. Sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantikan Ismail dengan domba. Untuk memperingati kejadian ini, hewan ternak disembelih sebagai kurban setiap tahun.

Iduladha jatuh pada tanggal 10 bulan Zulhijah atau 70 hari setelah Idulfitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik merupakan hari yang diharamkan untuk berpuasa bagi umat Islam. Pada hari Iduladha, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Id bersama-sama di tanah lapang atau di masjid. Setelah salat, penyembelihan hewan kurban dilaksanakan. Sepertiga daging hewan dikonsumsi oleh keluarga yang berkurban, sementara sisanya disedekahkan atau dibagikan kepada orang lain. Terkadang Iduladha disebut pula sebagai Idulkurban atau Lebaran Haji.

Di Desa Baturagung sendiri Idul Adha tahun ini diperingati masih dalam situasi pandemi, namun keadaan ini tak menyurutkan niat suci untuk berkurban karena Allah. Karena dibulan Dzulhijjah inilah kesempatan kita untuk menunjukkan kepatuhan terhadap Allah SWT.

Untuk Dusun Batur ada sekitar 3 Ekor sapi dan 13 Ekor kambing yang dikurbankan (sumber data dari panitia kurban Dusun Batur). Sementara di dusun Tutup terdaftar 9 ekor Kambing, pusat kegiatan kurban ini berada di Masjid At Taqwa dusun Tutup. Untuk dusun Lanjaran ada 2 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Dan Dusun Mintreng belum diketahui.

Semoga dengan berkurban kita bisa mengambil hikmah untuk ikhlas dan membantu sesama manusia. (MAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *