Baturagung, 9 Juli 2020

Pagi ini mulai jam 07.30 WIB. Pemerintah Desa Baturagung menggelar acara Khotmil Qur’an dalam rangka Sedekah Bumi / Apitan. Acara yang dibuka oleh Ketua BPD ini dihadiri puluhan khafidhoh dari Desa Baturagung sendiri. Dalam apitan tahun ini atas nama Desa Baturagung Pemdes berharap semoga Desa Baturagung Bisa Gemah Ripah Loh Jinawi.

Apitan sendiri merupakan upacara adat istiadat masyarakat Jawa sebagai ucapan syukur terima kasih atas limpahan rahmat dan hasil bumi kepada Tuhan sang Pemberi Rizki. Apitan tahun ini tidak seperti tahun lalu mengingat masih dalam situasi pandemi covid 19. Sehingga acara apitan dilakukan secara sederhana dan terbatas.

 

Mengingat tahun lalu acara apitan diadakan secara bersamaan seluruh warga desa Baturagung berkumpul membawa hasil bumi berupa makanan, lauk pauk, sayuran dan lain-lain, yang dikumpulkan menjadi satu dan dimakan secara bersama-sama. Mencerminkan kerukanan dan kesatuan warga Desa Baturagung.

Namun tahun ini sangat berbeda, apitan digelar dengan keadaan sangat terbatas dan sederhana. Semoga pandemi covid 19 ini cepat berlalu. Amiin (MAH)

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *