SOSIALISASI KAMPUNG KB DAN DESA LAYAK ANAK DESA BATURAGUNG

Pada hari Rabu, 28 September 2022 kemarin, bertempat di Balai Desa Baturagung terdapat kegiatan sosialisasi Kampung KB dan Desa Layak Anak. Acara ini dihadiri oleh Pemdes Baturagung, Ketua BPD, Tim Penggerak PKK beserta Kader-kadernya, Bidan Desa, dan Pendamping Desa.

Seperti biasa acara dimulai dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dilanjut sambutan dari Ketua BPD beliau menyampaikan agar setiap program nantinya yang berjalan terutama kampung KB para kader harus selalu siap menjalankan program tersebut karena program tersebut akan menciptakan tatanan keluarga yang baik dan sejahtera kedepannya.

Acara dilanjut dengan sambutan dari Kepala Desa Baturagung Bapak Mubasir beliau atas nama pemerintahan Desa mendukung penuh program Kampung KB dan Desa Layak Anak bilamana nanti berjalan di Desa Baturagung. KB itu bukan melarang punyak anak tetapi lebih keperencanaan dan mengatur jarak kelahiran.

Acara dilanjut dengan Pembacaan Materi “Desa Sehat” oleh Perwakilan dari Puskesmas Gubug I, untuk tahun ini akan diadakan lomba Desa sehat yang menilai tentang Desa Siaga, Rumah Desa Sehat, Kampung KB dan Desa Layak Anak beliau berpesan agar nantinya jangan menilai sebagai lomba tetapi buatlah sebagai acuan kondisi kesehatan terutama di Desa Baturagung.

Penilaian nantinya akan dilaksanakan di Bulan November 2022 yang menjadi point utama penilaian adalah segala kegiatan yang ada di Desa Baturagung. Seperti kegiatan Desa siaga, posyandu balita, posyandu rema, kelas ibu hamil, posbindu, posdu, kasus stunting, bumil resti, kasus BGM dan lain-lain. Jadi beliau mengharapkan agar setiap rumah di Desa Baturagung dipasang lagi bak cuti tangannya dan diadakan lagi kegiatan bersih-bersih lingkungan.

Acara dilanjut dengan pembacaan materi Desa Layak Anak oleh Pendamping Desa. Kenapa harus ada Desa Layak anak karena untuk mendukung Kecamatan Layak Anak dan Kabupaten Layak Anak. Jadi semua Desa harus mendeklarasikan Desa Layak Anak.

Pengertian Desa layak anak adalah kesatuan wilayah yang berbasis RW, yang menyatukan komitmen dan sumber daya lokal, masyarakat dan dunia usaha dalam pelaksanaan pembangunan yang berada di lingkungan setempat, dalam rangka menghormati, menjamin, dan memenuhi hak anak, melindungi anak dari tindak kekerasan. Beberapa yang menjadi acuan daru Desa Layak Anak nantinya adalah ada gugus tugas Desa Layak Anak, pendataan profil anak meliputi hobi, kesenangan, kebiasaan anak dan lain-lain.

Hak sipil anak (setiap anak memiliki akta kelahiran), adanya layanan informasi anak seperti ruang baca, perpustakaan desa, forum anak ikut dalam musrengbangdes, forum anak aktif sebagai pelopo dan pelapor, tidak adanya perkawinan anak, adanya konsultasi keluarga terkait anak, adanya ruang bermain anak, adanya ruang publik bebas asap rokok, perlindungan khusus anak dan tidak ada pekerja anak.

Acara dilanjut dengan pembacaan materi Kampung KB yang menitik beratkan pada wilayah Kampung KB adalah RW atau Dusun yang kegiatan pelaksanaan peserta KBnya lebih tinggi dari RW lainnya. Acara berjalan lancar dan tertib. (SID Baturagung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *