Website Resmi Desa Baturagung Kec. Gubug Kab. Grobogan

MUSDES dan MUSRENBANGDES RKP 2022 dan DU RKP 2023 Sudah Terlaksana

Baturagung, 21 Agustus 2021

Pada hari Jum’at tanggal 20 Agustus 2021, Bertempat di Balai Desa Baturagung Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Pemerintah Desa Baturagung menggelar Musyawarah Desa (Musdes) dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka Pembahasan dan Penyepakatan Rancangan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun 2022 dan Daftar Usulan (DU) RKP Desa Tahun 2023.

Musdes ini dihadiri oleh Ketua Desa beserta Perangkatnya, Perwakilan dari Kecamatan, Ketua BPD dan Anggotanya, LPMD, BUMDES, PAMSIMAS, Karang Taruna serta Ketua Dusun, Ketua RW dan Ketua RT.

Seperti Biasanya acara dimulai dengan Menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjut Musdes RKPDes tahun 2022 yang dibuka oleh Ketua BPD Desa Baturagung. Ketua BPD, Bapak Sudarmanto menyampaikan dalam pelaksanaan musdes ini diharapkan masyarakat Desa Baturagung yang diwakilkan oleh ketua RT masing-masing bisa memberikan usulan sehingga mendapat kesepakatan dalam menentukan prioritas dalam melakukan pembangunan desa. Musdes ini dilaksanakan setiap tahunnya untuk merencanakan pembangunan di Desa Baturagung. Untuk program pembangunan tahun 2022 perencanaan pembangunan yang akan datang sesuai dengan kebutuhan priorotas dan aspirasi masyarakat yang nantinya akan di sepakati bersama sehingga menjadi acuan terbentuknya RKPDes tahun 2022.

Dalam Musdes ini setiap ketua RT mengungkapkan usulan-usulan mengenai apa yang perlu dibangun di wilayahnya masing-masing. Seperti tahun lalu secara umum para ketua RT ini banyak yang mengusulkan untuk pembangunan jalan baru dan juga saluran drainase di wilayahnya.

Dalam musyawarah ini bapak Kepala Desa Baturagung juga menyampaikan untuk pembangunan tahun ini memang tidak banyak mengingat dana desa banyak yang dialokasikan untuk penanganan covid-19 seperti BLT, PPKM Mikro dan lain-lain.

Setelah semua usulan disampaikan acara dilanjut dengan Musrenbangdes (Musyawarah Rencana Pembangunan Desa) yang disampaikan oleh sekretaris Desa Bapak Abu Dzarin. Untuk Desa Baturagung sendiri sekdes menyampaikan rencana usulan Pembangunan di beberapa sektor, diantaranya Pembangunan Beton Cor Blok jalan utama Desa Baturagung, Pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Baturagung, Kendaraan pengangkut sampah dan juga Jalan Akses ke Embung Desa.

Acara musyawarah ini diakhiri dengan penandatanganan berita acara oleh perwakilan masyarakat, Ketua BPD dan kepala Desa Baturagung dan ditutup dengan bacaan hamdallah. (MAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *