Website Resmi Desa Baturagung Kec. Gubug Kab. Grobogan

KIM BMS Baturagung Adakan Pertemuan Bahas Fungsi KIM untuk Apa Sebenarnya?!

Baturagung, 26 Juni 2021

Jum’at malam Sabtu lalu (25/06) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Baturagung Mandiri Sejahtera (BMS) Baturagung sedang menggelar pertemuan untuk kali pertama nya setelah terbentuk pada tanggal 5 April 2021 lalu. Bertempat di GM Mart Pertemuan Perdana ini dimulai pukul 20.00 WIB. KIM yang terdiri dari 13 Anggota ini datang dari berbagai kalangan baik dari lembaga pemerintahan Desa seperti BPD, Bumdes, FKD, PKK, Karang Taruna, maupun masyarakat Desa Baturagung.

Sesuai namanya KIM ini nantinya tidak hanya akan menyajikan informasi seputar Desa Baturagung tapi lebih untuk meningkatkan dan memajukan kemajuan desa terutama dalam bidang UMKM dan lain sebagainya. Untuk Lebih Jelasnya berikut beberapa kesimpulan yang dapat dirangkum dari pertemuan perdana KIM tersebut.

Dasar Pembentukan KIM

Dengan adanya Undang-Undang 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik semakin mendorong pentingnya kehadiran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai media pelayan informasi. Keberadaan UU KIP inilah Dinas Komunikasi dan Informatika melaksanakan pembinaan terhadap KIM sebagai lembaga layanan informasi masyarakat terhadap isu-isu pembangunan sesuai dengan kebutuhannya.

Potensi KIM

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, bahwa kesadaran masyarakat untuk memperoleh pengetahuan melalui penggunaan dan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi semakin tinggi. Di beberapa daerah di Indonesia, terdapat beraneka ragam komunitas/kelompok yang memiliki fungsi KIM, yaitu dengan memberdayakan masyarakat lokal untuk memperoleh/mengakses informasi dan teknologi komunikasi.

Tugas KIM

KIM memiliki tugas-tugas sebagai berikut :

  • Mewujudkan masyarakat yang aktif, peka dan memahami informasi.
  • Memberdayakan masyarakat untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat.
  • Mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah.
  • Menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lain.
  • Memberdayakan kelompok dalam mengumpulkan, mengelola dan menyebarkan informasi.

Fungsi KIM

Terdapat empat fungsi KIM, yaitu :

  • Sebagai wahana informasi antar anggota KIM secara horisontal; dari KIM ke pemerintah secara bottom up; serta dari pemerintah kepada masyarakat secara top down.
  • Sebagai mitra dialog dengan pemerintah, pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota dalam merumuskan kebijakan publik.
  • Sarana peningkatan literasi di bidang informasi, media massa, dan teknologi komunikasi, serta sebagai media watch.
  • Sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi.

Dalam diskusi KIM malam itu juga para anggota sepakat untuk membuat Grup Facebook yang diberi nama “Info Baturagung” yang akan dikelola langsung oleh KIM BMS Baturagung. Grup ini diharapakan mampu menjadi wadah silaturahmi antar warga Desa Baturagung, menginformasikan segala informasi terkini seputar desa Baturagung dan tujuan utama dari Grup tersebut adalah semoga bisa mendongkrak ekonomi masyarakat dengan memperkenalkan produk andalan dari masyarakat Desa Baturagung ke kalangan umum.

Acara diakhiri pada pukul 21.00 WIB dan dilanjut dengan diskusi santai, Pertemuan ini juga tetap menjalankan Prokes dengan memakai Masker dan Berjaga Jarak (MAH).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *