Website Resmi Desa Baturagung Kec. Gubug Kab. Grobogan

Program Wifi Mandiri Desa Baturagung Sudah Tahap Pasang ODP, Apa Itu?

Baturagung, 23 Juni 2021

Beberapa hari lalu Tim Bumdes Wifi Desa Baturagung sedang memasang sebuah alat di tiang-tiang kabel jaringan yang nantinya akan digunakan sebagai jaringan wifi mandiri desa Baturagung. Setelah dikonfirmasi dari Tim Wifi Desa ini ternyata alat itu bernafa OPD kepanjangan dari Optical Distribution Point. Alat ini berfungsi sebagai pelindung dan pembagi kabel FO (Fiber Optic) ke beberapa saluran/pelanggan. Fungsi utama dari ODP adalah membagi satu core optic dari jalur utama (provider) ke beberapa pelanggan, dengan menggunakan komponen passive splitter.

Untuk Informasi mengenai ODP berikut ini dikutip dari berbagai sumber tentang pengertian, fungsi dan jenis ODP adalah sebagai berikut.

Pengertian dan Fungsi ODP

ODP merupakan singkatan dari Optical Distribution Point yang ialah suatu fitur pendukung layanan fiber optik yang berperan bagaikan titik terminasi kabel drop optik ataupun tempat buat membagi satu core optic ke sebagian pelanggan( halte).
Optical Distribution Point merupakan tempat terminasi kabel yang mempunyai sifat- sifat tahan korosi, tahan cuaca, kokoh serta kuat dengan konstruksi buat dipasang diluar. ODP berfungsi bagaikan tempat instalasi sambungan jaringan optik single-mode paling utama buat menghubungkan kabel fiberoptik distribusi serta kabel drop. Fitur ODP bisa berisi optical pigtail, connectoradaptor, splitter room serta dilengkapi ruang manajemen fiber dengan kapasitas tertentu.


ODP dipasang wajib cocok dengan peruntukannya, ODP Pole cuma boleh dipasang pada tiang, ODP Pedestal dipasang pada permukaan tanah, ODP Wall dipasang pada bilik serta ODP Clousure cuma boleh dipasang pada kabel SCPT serta kabel SSW baik pada pertengahan gawang ataupun di dekat Tiang. Metode pemasangan ODP dengan metode memetik salah satu core dari kabel distribusi secara urut. Setelah itu core tersebut dimaskukan kedalam pasif, pasif yang biasa digunakan pada ODP ialah pasif 1/ 8. Sehingga pasif tersebut di split jadi 8.


Macam-Macam Jenis ODP
ODP Closure

ODP Closure merupakan suatu kotak gelap yang terpasang pada kabel jaringan telepon utama SCPT serta kabel SSW, serta buat letak pemasangan dapat terletak dekat dengan tiang telepon atapun terpasang pada pertengahan kabel diantara 2 tiang telepon.
ODP Pole

ODP Pole merupakan suatu kotak halte kabel fiber optik yang di pasang pada tiang kabel telepon yang berperan bagaikan tempat buat membagi core serat optic dari kabel utama ke pelanggan sehingga bila rumah kamu dekat dengan kotak ODP Pole/ ODP Wall hingga hendak lebih gampang bila mau mengajukan pemasangan jaringan indihome.
Dimana bila tempat tinggal kamu jauh dari ODP Pole ataupun berjarak lebih dari 100 m, hingga buat jadi pelanggan indihome kamu wajib membeli sendiri bonus kabel fiber (bila rumah kamu berjarak lebih dari 100 m dari Box ODP Pole).

ODP Pedestal

ODP Pedestal merupakan suatu tabung yang berisi sambungan kabel fiber optik yang di taruh di atas tanah, serta biasanya ODP Pedestal ataupun ODP tanah di pasang di dekat komplek perumahan maupun zona perkantoran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *