Website Resmi Desa Baturagung Kec. Gubug Kab. Grobogan

2 Menit Jadi, Cara Baru Perpanjang SIM dengan Sistem Drive Thru

Salah Satu Inovasi dari Polrestabes Semarang di bidang Pelayanan Sim di tahun 2021 ini adalah Pelayanan SIM Drive Thru. Menurut Infografis pelayanan ini dibuka pada hari Senin sampai hari Kamis mulai pukul 08.00 – 13.00 WIB dan di hari Jum’at dan Sabtu dibuka mulai pukul 08.00 – 11.00 WIB.

Tempat pelayanan SIM Drive Thru ini sendiri berada di Jalan MT Haryono No. 864 atau sebelah selatan Perempatan Lampu Bangjo Bangkong. Atau bila dari arah Purwodadi harus muter dulu lewat Jalan Kompol Maksum atau searah Jalan Dr. Cipto (Satu Jalur ke selatan) sebelum bangjo pertigaan sompok lama kita ambil jalur kanan dan masuk jalan MT. Haryono (Satu Jalur ke utara).

Menurut penuturan dari salah satu warga desa Baturagung yang kesehariannya berada di Semarang ini. Saat menggunakan layanan SIM Drive Thru ini, ternyata tidak serta merta langsung jadi begitu saja dan sambil membawa motor seperti apa yang kita pikirkan. Ada tahap-tahapnya. Pertama kita harus parkir dulu dan mendaftar. Tempat pendaftaran ini ada di samping parkir khusus pengguna layanan SIM Drive Thru. Saat pendaftaran akan dimintai fotocopy KTP dan Sim Sebanyak 3 lembar jika tidak membawa di tempat pendaftaran ini menyedikan fotocopy dengan di print. Dilanjut tes kesehatan berupa tes Buta Warna. Kemudian kita akan berpindah di Tenda Kedua yakni Tempat Tes Psikologi disini kita akan diberi lembaran soal dan kita harus menjawabnya.

Selanjutnya kita akan diarahkan untuk menuju loket SIM Drive Thru dan kita diminta untuk duduk sebentar menunggu nama kita dipanggil. Setelah nama kita dipanggil kita akan difoto di depan loket, kemudian tanda tangan digital dan rekam sidik jari (10 jari bergantian). Setelah itu kita diminta untuk menuggu lagi, sekitar 2-5 menitan SIM kita akan langsung jadi. Dan proses SIM Drive Thru ini pun selesai. Kita bisa meninggalkan tempat tersebut.

Dari semua proses ini biaya yang dikeluarkan untuk pelayanan SIM Drive Thru ini adalah sebagai berikut :

  1. Fotocopy KTP dan SIM Rp 2.000,-
  2. Tes Kesehatan Rp 50.000,-
  3. Tes Psikolog Rp 50.000,-
  4. Biaya Penerbitan SIM Rp 75.000,-
  5. Bayar Parkir Rp 2.000,-

Jadi total semua biaya yang dikeluarkan dalam perpanjang sim dengan system Drive Thru ini sebanyak Rp 179.000,- dan waktu yang dihabiskan untuk perpanjang sim ini cukup singkat dan cepat tidak sampai setengah jam. (MAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *