Website Resmi Desa Baturagung Kec. Gubug Kab. Grobogan

Desa Baturagung Juara 1 Monev Lomba STBM Kec. Gubug Tahun 2020

Akhirnya kabar baik datang untuk seluruh masyarakat Desa Baturagung yang telah melaksanakan lomba STBM  bulan november 2020 lalu. Desa Baturagung terpilih sebagai juara 1 Monev Lomba STBM se Kecamatan Gubug tahun 2020.

Kerja keras, kekompakan dan gotong royong dari masyarakat ini membuahkan hasil yang baik. Sebelumnya hampir setiap minggu di Desa Baturagung akan terlihat pemandangan yang tidak biasa dilihat di hari-hari biasa, yakni masyarakat bersama-sama bergotong royong kerja bhakti mempercantik wilayah masing-masing.

Kegiatan warga ini sangat beragam mulai dari menghias taman, membersihkan selokan hingga membuat kerajinan dari bahan bekas dan sampah. Kegiatan warga ini tentunya tidak tanpa tujuan. Masyarakat secara kompak bersama pemerintah desa bersama-sama mempercantik desa tercinta ini. Dengan menerapkan 5 Pilar STBM yakni 1. Stop Buang Air Sembarangan, 2. Cuci Tangan Pakai Sabun, 3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan, 4. Pengelolaan Sampah serta, 5. Pengelolaan Limbah cair.

Disamping itu pula untuk menunjang program tersebut masyarakat juga mempercantik wilayahnya masing-masing dengan membuat taman bunga, taman obat-obatan dan taman sayur-sayuran. Tak hanya itu masyarakat Desa Baturagung juga mengolah barang-barang yang tak digunakan seperti botol-botol bekas air minum. Untuk dijadikan ornament yang indah dilihat dan dijadikan sebagai spot selvi. Ada juga yang memanfaatkan ban bekas untuk dijadikan tempat sampah unik, hiasan gapura gang dan lain-lain.

Tentunya dengan mendapat gelar juara pertama ini akan sangat sulit bagi Desa Baturagung untuk mempertahankannya tetapi dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat tentunya harapan akan lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya akan terwujud. (MAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *