Website Resmi Desa Baturagung Kec. Gubug Kab. Grobogan

Musdes RKPDes 2020 di Balai Desa, Berjalan Lancar

Baturagung, 7 September 2020
Bertempat di Balai Desa Baturagung Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Pemerintah Desa Baturagung menggelar Musyawarah Desa dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2021. Musdes ini dihadiri oleh Ketua Desa beserta Jajarannya, Ketua BPD dan Anggotanya, LPMD, BUMDES, PAMSIMAS, Karang Taruna dan Ketua RW dan RT di wilayah Desa Baturagung.

Musdes RKPDes tahun 2021 dibuka langsung oleh Ketua BPD Desa Baturagung. Ketua BPD, Bapak Sudarmanto mengungkapkan pelaksanaan musdes ini diharapkan masyarakat Desa Baturagung yang diwakilkan ketua RT masing-masing wilayah bisa memberikan usulan sehingga mendapat kesepakatan dalam menentukan prioritas dalam melakukan pembangunan desa. Musdes ini dilaksanakan setiap tahunnya untuk merencanakan pembangunan di Desa Baturagung. Untuk program pembangunan tahun 2021 perencanaan pembangunan yang akan datang sesuai dengan kebutuhan priorotas dan aspirasi masyarakat yang nantinya akan di sepakati bersama sehingga menjadi acuan terbentuknya RKPDes tahun 2020.

Dalam musdes ini setiap ketua RT mengungkapkan usulannya untuk pembangunan di wilayahnya masing-masing. Kebanyakan dari para ketua RT ini, usul untuk pembkaan jalan baru dan pembangunan jalan yang belum diteruskan di tahun-tahun sebelumnya. Namun ada yang unik dan beda dari usulan salah satu ketua RT, yakni RT 05 RW 05. Ketua RT tersebut tidak mengusulkan pembangunan melainkan meminta untuk disampaikan ke warga RT masing-masing agar tidak membuang sampah di selokan yang berada disepanjang jalan utama Desa Baturagung. Karena setiap ada air datang terutama di musim penghujan. Sampah akan menumpuk di wilayah RT 05 RW 05. Karena wilayah RT 05 RW 05 ini berada di paling ujung desa Baturagung. Air yang sampai di wilayah tersebut tidak bisa mengalir dengan lancar ke Desa sebelah.

Dilanjut usulan dari ketua PAMSIMAS bapak Yusuf yang mengusulkan untuk setiap ketua RT mengajak warganya agar menormalisasi saluran yang masuk kewilayah pemukiman warga. Agar penyaluran air bisa lancar sampai ke sumur-sumur warga. Setelah semua usulan disampaikan, tim 9 akan menggodok dan memilah mana yang menjadi prioritas akan diutamakan pembangunannya terlebih dahulu. Acara musdes ini berjalan lancar dan kondusif. (MAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *