Website Resmi Desa Baturagung Kec. Gubug Kab. Grobogan

KARANG TARUNA BATURAGUNG STUDY BANDING KE DESA MAGERSARI KENDAL

Baturagung Minggu (08/09), Karang Taruna “Tunas Persada” Desa Baturagung, kali ini berkesampatan mengikuti acara “Temu Sedulur Karang Taruna” yang diselenggarakan oleh Perusahaan Rokok Djarum 76.

Acara tersebut diikut sejumlah perwakilan karang taruna dari desa se-Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Demak.

Djarum 76 kali ini yang mengusung Tema “Jalan-jalan Hepi” dengan acara Study Banding ke Desa Magersari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Desa Magersari ini adalah desa terkecil di Kecamatan Patebon dengan jumlah penduduk sekitar 1.000 orang saja. Namun, desa Magersari merupakan desa yang paling maju dan dijadikan sebagai desa percontohan bagi desa-desa di sekitar Desa Magersari.

Dalam acara study banding ini, para peserta diajak jalan-jalan keliling desa, mengunjungi UMKM unggulan desa seperti pembuatan kripik singkong, pembuatan miniatur kapal, pembuatan ornamen akuarium dan pembuatan kapal / perahu untuk nelayan.

Yang paling menarik dari jalan-jalan keliling desa ini yaitu di pembuat ornamen akuarium, dengan kreatifnya sang pemilik usaha ini memanfaatkan sampah-sampah plastik menjadi bahan utama dalam pembuatan ornamen akuarium. Sampah terutama plastik yang sering dibuang dan tidak berguna disulapnya menjadi oranamen bernilai tinggi.

Setelah jalan-jalan desa diadakan acara sharing bersama di kantor kepala desa. Perseta saling bertukar gagasan dan pertanyaan kenapa desa sekecil ini bisa sangat maju dan berkembang serta menjadi desa percontohan. Yang paling penting dari acara sharing ini kunci utamanya adalah pentingnya peranan seorang kepala desa untuk menggerakan masyarakatnya agar kreatif mandiri dan terampil dalam memanfaatkan potensi yang ada di desa tersebut.

Rokok Djarum 76 juga berperan di desa ini sebagai penghubung antara pemerintahan dan masyakat. Karena disetiap event yang ada di desa ini Djarum 76 selalu turut hadir ikut memeriahkan acara tersebut. (MAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *